Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Penghargaan Simantri Berprestasi 2012
Senin, 03 Desember 2012 00:00

Gianyar – Gubernur Mangku Pastika berikan penghargaan pada 9 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) pengelola Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) berbprestasi se – Bali, minggu (02/12/2012). “Pada tahun 2009, awal terbentuknya program Simantri, hanya ada 10 unit Simantri, itu pun para petaninya harus di rayu habis-habisan, tahun 2010 sudah meningkat ditambah 40 unit, 2011 bertambah 150 unit, 2012 ditambah 125 unit, jadi total hingga tahun ini terdapat 325 unit Simantri di seluruh Bali. Sekarang antrean sudah numpuk, tandanya ini diminati oleh masyarakat.” Tegas  Pastika. Perlu diketahui bahwa pada awal pembentukan program Simantri pada tahun 2009, BPTP Bali adalah pencetus dan supporting system penuh terhadap pendampingan Simantri, bahkan hingga saat ini BPTP Bali masih sering diminta untuk memberikan Bimbingan Teknis (Bintek) kepada Gapoktan di Simantri.

Dalam acara pemberian penghargaan yang berlokasi di Simantri 096, Gapoktan Tumang Sejahtera, Blangsinga, Saba, Blahbatuh, Gianyar. Pastika mengatakan bahwa peghargaan ini hanyalah salah satu bentuk motivasi untuk meningkatkan kegigihan para petani untuk terus berusaha. Melalui penilaian Simantri diharapkan akan meningkatkan pula kualitas pengelolaan sehingga hasil juga meningkat. Dengan kearifan masyarakat Bali yang masih mengunggulkan nilai-nilai tradisi namun tetap dapat mengkuti perkembangan teknologi modern, Pastika yakin bahwa Bali pasti dapat menjadi Pulau Organik. Bahkan hal ini didorong dengan diberikannya penghargaan sebagai Gubernur Organik kepada Pastika oleh Menteri Pertanian, Dr.Suswono, pada Rabu, 28 Nopember 2012 lalu. Program Simantri menjadi isu terpenting didapatkannya penghargaan ini, bahkan Pastika memastikan bahwa Simantri akan terus digalakkan dan menjadi program unggulan.

Simantri yang telah mendapat pengakuan unggul, untuk sektor pertanian dan peternakan, baik secara nasional maupun internasional ini rupanya telah pernah dibedah oleh seorang Professor dari Oxford University, yang mana dia menjelaskan bahwa Simantri adalah Vedic Agriculture System, yaitu Pertanian yang berbasiskan Weda. Dari hulu sampai hilir tidak ada bahan yang terbuang. Pastika sendiri sebagai umat Hindu tidak pernah terbersit sedikit pun bahwa Simantri akan berkaitan dengan ajaran agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat Bali ini.

Impian Pastika ialah akan membuat 1000 Simantri di Bali, dengan rata-rata anggota Gapoktan di Simantri 100 orang saja, akan dapat mengangkat kesejahteraan 100.000 petani di Bali dan menjadikan Bali sebagai Pulau Organik.

Dalam sambutannya setelah menyerahkan penghargaan pada para petani, Pastika sangat menekankan, bahwa Simantri ini betul-betul dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Bali. “Uang 200 juta ini uang rakyat seluruh Bali, uang ini tidak boleh disia-siakan! Uang ini harus betul-betul diberikan kepada petani, yang cinta pertanian, sehingga mereka bisa bekerja lebih baik lagi.”

“Simantri tidak sekedar memelihara sapi, kalo hanya memelihara sapi, rugi! Harus dimanfaatkan hasil samping, urine, kotoran sapi, semua dapat dimanfaatkan, biogasnya dapat digunakan untuk bahan bakar rumah tangga. Saya harapkan (Simantri) ini juga dapat menjadi pariwisata. ” Ungkapnya.

Pastika menutup pidatonya dengan memberikan harapan Indah kepada para petani, “Nanti tahun 2013, juara Simantri dari tahun 2010 hingga 2012 bersama Kadistan ke Thailand!” disambut tepuk tangan meriah oleh para petani.

Diantara para pemenang penghargan Simantri terbaik 2012 ini adalah, Juara I Gapoktan Tumang Sejahtera, Desa Saba, Kec. Blahbatuh, Gianyar. Juara II Gapoktan Dharma Pertiwi, Desa Lukluk, Kec. Mengwi, Badung. Juara III Gapoktan Bulan Palapa, Desa Landih, Kec. Bangli, Bangli. Masing – masing juara mendapatkan piagam penghargaan, dan juara I mendapat bantuan sapi 4 ekor, juara II 3 ekor, dan juara III 2 ekor. (sig)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com