Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pengolahan Tortilla Tepung Jagung
Rabu, 03 Oktober 2012 00:00

Buleleng – Komoditas jagung yang melimpah di Buleleng merupakan sebuah potensi yang harus digali lebih dalam agar dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat, dan meningkatkan kesejahteraan. Namun ketika panen jagung melimpah bisa dipastikan harga akan turun jauh dari harapan. Oleh sebab itu perlu adanya pengolahan dari produk mentah menjadi setengah jadi, atau bahkan siap konsumsi.

Kemarin Selasa (02/10/2012) Tim Pascapanen BPTP Bali mengajak para ibu-ibu petani yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Sari Nadi Asih untuk mengolah jagung mentah mereka menjadi tepung jagung dan diolah menjadi makanan jadi, salah satunya adalah “tortilla.”

Tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang “asli.” Namun masyarakat kita lebih mudah mengenalinya dengan “keripik.” Jajanan seperti inilah yang umum dimasyarakat Bali untuk digunakan dalam berbagai acara dan upacara adat. Ibu-ibu KWT sangat menyenangi kegiatan tersebut, karena mereka sangat membutuhkan teknologi ini untuk kebutuhan sehari-hari. Di daerah mereka, tepatnya di Desa Sumber Kima, Gerokgak, jajanan yang biasa mereka buat adalah Kebeng, Reta, dan jajanan modifikasi lainnya.(sig)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com